Saturday, November 19, 2011

Cara Membuat Icon Menggunakan Aplikasi Sederhana

Sesuai dengan apa yang saya janjikan pada posting sebelumnya, kali ini saya akan menjelaskan cara untuk membuat Favicon sendiri menggunakan aplikasi. Saya menggunakan aplikasi easy icon maker versi 5.0. Kalau belum punya aplikasinya bisa cari di google, atau download disini.
Kalau sudah, langsung ke langkah-langkahnya :

1. Buka aplikasi, lalu akan ada tampilan seperti ini.

2. Klik tanda yang ditunjukkan panah merah hingga ada tampilan seperti ini. Pengaturan ini untuk mengatur kualitas icon yang akan dibuat. Pada setting awal, ukuran icon 32x32 pixel. Agar kualitas gambar icon lebih bagus, pengaturan pixel dapat diubah menjadi
lebih besar. Disini saya mengubah menjadi 200x200 (maksimal 256x256 pixel).

3. Kalau anda ingin membuat icon dari file jpg, pilih file, pilih import from graphics... Setelah open file, akan muncul tampilan seperti ini, klik yes.

4. Setelah gambar keluar, bentuklah gambar tersebut sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Misalnya, disini saya menggunakan gambar desain baju untuk dibuat icon. Area di luar baju saya hapus sehingga nanti icon tersebut akan berbentuk baju, bukan kotak.

setelah di hapus akan menjadi seperti ini :

5. Lalu save file tersebut dan otomatis akan menjadi file icon (.ico)
6. SELESAI !! mudah bukan?!

NB : apabila anda tidak merubah pengaturan pixel seperti pada poin 2, yaitu tetap pada 32x32 pixel, hasilnya akan seperti ini:

Untuk membuat icon tersebut menjadi Favicon blogspot bisa dilihat cara mudahnya di Cara Mudah Membuat Icon Blogspot

No comments:

Post a Comment